Sabtu, 16 Desember 2017

Pom Mini Contoh Usaha BUMDes yang Sukses

BUMDes -  Sebelum mengulas mengenai contoh usaha yang sukses yaitu pom mini sebagai contohnya, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apakah BUMDes itu sebenarnya. BUMDes atau Badan Usaha Milik Desa merupakan Lembaga Usaha Desa yang dikelola oleh Masyarakat dan Pemerintah Desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan di bentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. Adapun ciri utamanya adalah ada beberapa ciri yang harus diikuti baik itu pengelola ataupun masyarakat yang turut andil mengolahnya. Berikut ulasannya.



Ciri Utama BUMDes dengan Lembaga Ekonomi Komersil lainya,sebagai berikut :
  • Badan Usaha ini dimiliki oleh desa dan dikelolah bersama
  • Modal bersumber dari desa sebesar 51% dan dari masyarakat sebesar 49% melalui penyerataan modal (Saham atau andil)
  • Operasionalisasinya menggunakan falsafah bisnis yang berakar dari budaya lokal
  • Bidang usaha yang dijalankan berdasarkan pada potensi dan informasi pasar
  • Keuntungan yang di peroleh di tunjukan untuk meningkatkan kesejaktraan anggota (Penyetara Modal ) dan masyarakat melalui kebijakan desa
  • Difasilitasi oleh Pemerintah Propinisi,Pemerintah Kabupaten dan Pemerintahaan Desa.
  • Operasionalisasi di kontrol secara bersama oleh BPD,Pemerintah Desa dan Anggota)
Dasar hukum dari pendirian dan juga pengelolaan BUMDes itu sendiri sudah diatur oleh pihak pemerintah guna bisa dilaksanakan oleh pemerintah Desa beserta masyarakat. Aturan BUMDes selengkapnya adalah sebagai berikut:

Landasan Dasar Hukum BUMDES
  • Pendirian BUMDes dilandasi oleh UU No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan PP No. 72 Tahun 2005 tentang Desa. Secara rinci tentang kedua landasan hukum BUMDes adalah:
  • UU No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah; Pasal 213 ayat (1) “Desa dapat mendirikan badan usaha milik desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa”
  • PP No. 72 Tahun 2005 tentang Desa:
Pasal 78
1) Dalam meningkatkan pendapatan masyarakat dan Desa, Pemerintah Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa.
2) Pembentukan Badan Usaha Milik Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan dengan Peraturan Desa berpedoman pada peraturan perundang-undangan.
3) Bentuk Badan Usaha Milik Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus berbadan hukum.

Pasal 79
1) Badan Usaha Milik Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal
2) 78 ayat (1) adalah usaha desa yang dikelola oleh Pemerintah Desa.
3) Permodalan Badan Usaha Milik Desa dapat berasal dari:
a) Pemerintah Desa;
b) Tabungan masyarakat;
c) Bantuan Pemerintah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/ Kota;
d) Pinjaman; dan/atau
e) Penyertaan modal pihak lain atau kerja sama bagi hasil atas dasar saling menguntungkan.
4) Kepengurusan Badan Usaha Milik Desa terdiri dari Pemerintah desa dan masyarakat.

Pasal 80
1) Badan Usaha Milik Desa dapat melakukan pinjaman sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
2) Pinjaman sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan setelah mendapat persetujuan BPD.

Pasal 81
1) Ketentuan lebih lanjut mengenai Tata Cara Pembentukan dan
2) Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa diatur dengan Peraturan
3) Daerah Kabupaten/Kota
4) Peraturan Daerah Kabupaten/Kota sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sekurang-kurangnya memuat:
Bentuk badan hukum;
Kepengurusan;
Hak dan kewajiban;
Permodalan;
Bagi hasil usaha atau keuntungan;
Kerjasama dengan pihak ketiga;
Mekanisme pengelolaan dan pertanggungjawaban.

Nah beranjak dari hal diatas, kami selaku produsen pom mini digital rakitan Indonesia menginformasikan bahwa usaha berjualan BBM dengan menggunakan mesin pom mini digital merupakan salah satu contoh usaha yang bisa dilakukan dalam BUMDesa. Hal ini tentu saja bukan tidak berlasan? Dalam unit mesin pom mini digital itu sudah dilengkapi dengan CPU Komputer serta display yang nantinya bisa menyimpan data penjualan BBM yang terjual setiap harinya. Selain itu pom mini digital ini juga dilengkapi dengan alat ukur modern yang akurat dan stabil apakah itu assy meter atau juga flowsensor. Untuk sistem kinerjanyan bisa dikatakan 99% sudah hampir sama dengan SPBU pertamina yang ada.

Contoh usaha BUMDes yang menggunakan pom mini digital dan telah berhasil saat ini adalah dikabupaten Garut. Mereka berhasil mengelola usaha penjualan BBM diwilayah pedesaan garut serta meraup omset penjualan yang sangat lumaya. Adapun untuk diwilayah kabupaten tasikmalaya yang sudah mulai menggunakan pom mini sebagai salah satu bidang usahanya yaitu wilayah desa kersa galih jati waras serta alhamdulilah sudah mulai berjalan dan omset nya pun bisa diakatan sangat lumayan baik.

Unit Pom Mini digital yang kami tawarkan kepada anda semuanya ini tentu saja sangatlah variatif yang tentu saja bisa disesuaikan dengen kebutuhan usaha anda. Beberapa jenis pom mini digital yang kami produksi ini terdiri dari dua macam yaitu pom mini digital standar tanam serta pom mini digital portable modern. Kami juga siap melayani pembelian pom mini digial raktian original. Adapun untuk jumlah nozzle yang dipasang mulai dari 1 nozzle yang hanya untuk berjualan satu jenis BBM saja, 2 nozzle untuk penjualan dua jensi BBM dan juga 3 nozzl yang bisa berjualan sampaia 3 jenis BBM sekaligus baik itu pertamax, pertalite serta solar..Berikut ini kami sajikan mengenai gambar pom mini digital selengkapnya:

Gambar atau poto pom mini digital

1. pom mini digital tanam 1 nozzle



2. pom mini digital tanam 2 nozzle







3. pom mini digital tanam 3 nozzle




4. pom mini digital tanam raktian original




5. pom mini digital portabel 1 nozzle




6. pom mini digital portabel 2 nozzle




Semua gambar pom mini digital diatas merupakan pom mini produksi manual tech, untuk alat ukur yang dipakai, itu bisa disesuaikan dengan keinginan anda apakah ingin menggunakan assy meter atau flowsensor. Bisa dibaca juga mengenai pom mini assy meter dan flowsensor . Adapun harga unit pom mini digital ini tentu saja variatif yang disesuaikan dengan spesifikasi yang mendukungnya seperti alat ukurnya apakah assy meter atau flowsensor serta jumlah nozzle yang dipasangnya.

Harga pom ini digital ini dibandrol mulai dari 14 juta rupiah untuk yang satu nozzle flowsensor, 25 juta untuk 1 nozzle assu meter, 25 juta 2 nozzle flowsenor, 35 juta untuk 2 nozzle assy meter. Harga tersebut merupakan harga penawaran dimana proses negosiasi harga sangat mungkin untuk dilakukan sesuai dengan kesepakatan bersama. Untuk informasi lebih lanjut, sebaiknya anda datang langsung kelokasi tempat perakakitan kami atau juga bisa menghubungi kontak kami sebagai berikut:
Nama: Asep Saepudin Zuhri
No HP/ WA: 081 320 056 565
Demikian ulasan informasi mengenai Pom Mini Contoh Usaha BUMDes yang Sukses yang dapat diulas kepada anda semuanya, terimakasih telah berkunjung dan semoga ulasan diatas bisa menjadi bahan pertimbangan bagi anda dalam mengolah bumdes. Terimakasih dan semoga bisa bermanfaat, amin

Pom Mini Contoh Usaha BUMDes yang Sukses Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Oim Abdul Rohim

0 komentar:

Posting Komentar